Blog

Pantai parangtritis atau yang oleh warga jogja disingkat pantai paris merupakan satu nama pantai paling terkenal di kota budaya ini. Pantai yang terkenal dengan ombak besar dan mitos tentang Nyi Roro Kidul ini menyimpan sejuta keindahan dan juga berbalut misteri bagi yang mempercayainya. Apapun itu, bila sobat licious sedang berwisata ke Yogyakarta, selain ke Keraton Yogyakarta, sobat juga harus datang ke pantai parangtritis.

Letak Dan Lokasi Pantai Parangtritis Yogyakarta

Pantai Parangtritis terletak 27 kilometer kea rah selatan dari pusat kota jogja. Bila sobat berkendara sendiri, cari saja jalan yang menuju kea rah jalan parangtritis. Sesampainya di jalan itu, sobat tinggal lurus terus ke selatan mengikuti aspal, dan sobat akan segera sampai di kawasan wisata pantai parangtritis.

Terletak di kawasan paling selatan pulau jawa, pantai parangtritis terhubung dengan samudra hindia. Suasana panas namun dengan hembusan angina kencang akan menyapa sobat saat sobat berada di kawasan objek wisata pantai parangtritis ini.

Mitos Dan Misteri Pantai Parangtritis

Orang Indonesia memang menyukai hal-hal yang berhubungan dengan mitos. Hampir setiap tempat terkenal yang ada di Indonesia memiliki mitosnya tersendiri. Sebut saja salah satunya mitos roro jonggrang di Candi Prambanan. Di Telaga Sarangan Magetan, juga ada mitos tentang ular naga.

Orang Indonesia, dan dalam hal ini Jawa, dan lebih khusus lagi orang Jogja tentu sudah mengenal mitos mengenai pantai parangtritis dan kerajaan jin yang dipimpin seorang ratu bernama NYi Roro Kidol.

Menurut sejarahnya awal mula penamaan pantai parangtritis ini adalah saat seorang pelarian dari kerajaan Majapahit yang sampai di di daerah laut berombak besar. Dia bersemedi di tempat itu. Banyak air yang “tumaritis” atau menetes dari “parang” atau celah-celah batu karang. Ia pun lalu menamainya sebagai parangtritis, atau berarti air yang menetes dari celah batu karang.

Mitos kemudian berlanjut saat era kerajaan mataram. Raja-raja jawa dipercaya memiliki hubungan khusus dengan sang penguasa laut selatan yaitu Nyi Roro Kidul. Hubungan itu dipercaya berlangsung hingga sekarang. Bahkan bila sobat membaca srtikel mengenai Wisata Keraton Yogyakarta sobat akan menemukan bahwa pembangunan keraton pun di selaraskan dengan pantai selatan.

Menurut salah satu cerita, hubungan keraton serta raja-raja Jawa dengan Nyi Roro Kidul berawal dari semedi Panembahan Senopati, Sang pendiri Kerajaan Mataram Islam yang saat bersemedi di laut selatan bertemu dengan Nyi Roro Kidul. Terjalin hubungan cinta diantara keduanya dan Nyi Roro Kidul pun kemudian berjanji akan membantu dan terus berhubungan dengan Keturunan dari Panembahan Senopati.

Satu lagi mitos yang dipercayai di pantai ini adalah larangan mengenakan baju warna hijau di sekitar wilayah pantai parangtritis. Warna hijau dipercaya sebagai warna kesukaan sang ratu launt selatan, dan juga merupakan warna pakaian bala tentaranya. Memakai warna hijau dipercaya bisa membuat sobat akan tergulung ombak saat berenang di pantai.

Iklan